verifikasi

google-site-verification: googlec264d27ca365e62e.html

Rabu, 21 Agustus 2019

Harga Avanza : Perhatikan Tips Ini Ketika Memilih Oli Mobil


Harga Avanza : Perhatikan Tips Ini Ketika Memilih Oli Mobil
Kinerja mesin mobil juga dipengaruhi oleh oli yang digunakan. Bisa dibilang oli ini merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sebuah mobil. Jadi penting sekali bagi Anda untuk memilihkan oli terbaik agar mobil dapat berfungsi secara optimal. Jadi, sekali pun harga Avanza milik Anda terjangkau, bukan berarti Anda tidak perlu memilihkan oli yang berkualitas.
Perlu diketahui bahwa fungsi oli ini ialah sebagai pendingin dan pelumas mesin. Di sinilah peran oli, dimana ketika oli yang digunakan memiliki kualitas yang bagus, maka mesin mobil akan berfungsi dengan baik. Oli mobil yang berkualitas ini ditandai dengan tingkat kekentalan yang tinggi atau biasa disebut SAE (Society of Automotive Engineers).
Memilih Oli Mobil yang Tepat
Banyak sekali produk oli yang bisa ditemukan di pasaran. Tapi tidak semua jenis oli tersebut cocok dengan mesin mobil Avanza Anda. Jadi, pastikan Anda tahu betul tipe mesin mobil yang digunakan sehingga bisa disesuaikan dengan jenis oli yang akan dipilih. Agar tidak salah dalam memilih oli mobil, Anda bisa menyimak tips-tips memilih oli mobil di bawah ini.
1.      Oli bersertifikasi
Oli juga memiliki izin beredar sehingga pastikan oli yang dipilih ialah oli yang sudah bersertifikat. Badan yang memberikan sertifikasi pada oli di antaranya adalah ACEA, JASO, API dan ILSAC. Teliti kembali apakah oli yang biasanya Anda gunakan tersebut sudah bersertifikasi atau belum.
Oli bersertifikasi ini sudah sesuai dengan standar dan kualitasnya terjamin. Jadi ketika Anda memilih oli yang bersertifikasi, maka tidak ada lagi kekhawatiran perihal kualitasnya.
2.      Sesuaikan dengan jenis mesin mobil
Seperti yang sudah disinggung di atas, kualitas oli bisa dilihat dari tingkat kekentalannya melalui parameter SAE atau Society of Automotive Engineers. Coba periksa mesin mobil Anda dan lihat berapa kode spesifikasinya. Kode spesifikasi ini bermacam-macam, ada yang 5W-50, 15W-50, 15W-40 dan lainnya.
Huruf “W” yang berada di belakang angka ini merupakan kependekkan dari “Winter”. Misalnya saja, SAE 5W-50, dimana kode ini menunjukkan jika oli memiliki tingkat kekentalan SAE5 pada suhu dingin dan kekentalan SAE 50 saat suhu sedang panas. Apabila masih bingung, Anda bisa langsung membawa mobil ke dealer atau bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
3.      Pahami isi buku panduan
Ketika membeli mobil, umumnya Anda akan mendapatkan buku panduan. Nah buka kembali buku panduan untuk mengetahui info perihal jenis oli yang cocok untuk mobil Avanza Anda. Buku panduan ini bisa menjadi rujukan bagi Anda yang belum mengetahui oli mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobil.
4.      Bahan sintesis atau mineral?
Pada dasarnya oli ini terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan bahan pembuatnya. Yakni oli berbahan sintesis dan oli berbahan mineral. Jadi oli mineral di sini ialah oli yang bahan dasarnya mineral. Mineral ini sudah diesktrak dari minyak bumi sehingga lebih alami dan berkualitas baik.
Sementara untuk oli sintesis ini terbuat dari bahan kimia sehingga cenderung bersifat aditif. Hanya saja oli sintesis ini seringkali dipilih karena kemampuannya ketika mengatasi perubahan suhu ekstrem.
Demikianlah 4 tips yang dapat Anda terapkan ketika memilih oli untuk mobil Avanza. Memiliki mobil pribadi memang mengharuskan Anda melakukan perawatan ekstra, termasuk dalam memilihkan oli yang berkualitas. Kendati harga Avanza terbilang terjangkau, namun dari segi perawatannya tetaplah sama dengan mobil-mobil lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar