verifikasi

google-site-verification: googlec264d27ca365e62e.html

Sabtu, 20 Juli 2019

7 Langkah Cuci Tangan yang Benar dan Bersih


7 Langkah Cuci Tangan yang Benar dan Bersih

Kegiatan mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh khususnya anggota gerak pada bagian tangan ini. Hal ini dikarenakan tangan menjadi anggota gerak yang paling sering dipakai. Hampir seluruh aktivitas kita melibatkan anggota gerak ini selama menjalani aktivitas sehari – hari. Kotoran yang menempel di tangan secara tidak sengaja akan menempel ke bagian tubuh lainnya seperti wajah dan leher apabila kita menyentuh bagian tubuh tersebut.
 Kotoran yang menempel pada bagian tubuh yang lain itu akan menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit yang sering disebabkan oleh kotoran dan kuman di tangan adalah timbulnya jerawat di wajah. Karena kotoran yang menempel di wajah bercampur dengan minyak di wajah dan terjadilah penyumbatan pori – pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, kegiatan 7 langkah cuci tangan yang benar dan bersih harus anda terapkan agar kuman dan kotoran yang menempel bisa hilang.
7 Langkah Cuci Tangan yang Benar dan Bersih
1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan. Ambillah air yang mengalir dan sabun. Sabun yang dipakai bisa berupa sabun mandi datau sabun khusus pencuci tangan. Lalu usapkan dan gosokkan kedua telapak tangan dengan lembut dan merata. Lakukan cara ini untuk beberapa detik agar sabun bisa mengeluarkan busa yang banyak.
2. Gosoklah dan usapkan busa sabun ke bagian punggung tangan. Lakukan hal ini dengan bergantian pada bagian punggung tangan kiri dan kanan. Lakukan cara ini hingga beberapa detik agar kotoran juga terangkat secara maksimal.
3. Setelah punggung tangan, selanjutnya gosoklah bagian jari – jari tangan dari ujung jari, bagian kuku hingga pangkal jari dengan bersih dan lembut. Bagian ini menjadi bagian yang paling rentan untuk tempat menempelnya kotoran dan kuman karena bagian ini yang cukup sulit dijangkau. Lalukan secara merata. Dengan begitu tidak ada kotoran yang masih menempel dan tertinggal.
4. Lalu, ujung jari harus dibersihkan kembali dengan cara mengatupkan keduanya secara bergantian. Kotoran yang ada di ujung jari dan ujung kuku pun akan terangkat dan bersih. Bagian ini menjadi salah satu 7 langkah cuci tangan yang penting.
5.Setelah bagian ujung jari, gosok dan putar bagian ibu jari secara bergantian. Bagian ibu jari menjadi perhatian khusus karena berada di paling ujung. Gunakan tangan sebelah kanan untuk menggosok ibu jari bagian kiri dan begitu pun sebaliknya.
6. Dekatkan seluruh ujung jari sehingga membentuk pusat dan bertemu satu sama lain. Lalu letakkan seluruh ujung jari dari salah satu bagian tangan ke telapak tangan satunya. Misalnya, seluruh ujung jari bagian kanan didekatkan, lalu letakkan pada bagian telapak tangan sebelah kiri. Hal ini akan membuat kotoran di ujung jari ikut terangkat dan merupakan salah satu dari 7 langkah cuci tangan.
7. Setelah semua bagian jari dan punggung tangan dibersihkan dan digosok secara maksimal, cara terakhir adalah membersihkan bagian pergelangan tangan. Gosokkan busa sabun yang masih tersisa ke salah satu bagian tangan secara bergantian. Selain digosok, lakukan juga dengan cara berputar. Setelah selesai, akhiri dengan membilas seluruh tangan dengan air bersih sehingga kotoran terangkat dan juga tidak ada sabun yang tersisa.  Lalu keringkan dengan handuk bersih atau tisu.
Kegiatan 7 langkah cuci tangan adalah cara membersihkan tangan yang benar agar kuman dan kotoran yang menempel di tangan dapat terangkat dengan maksimal. Selain itu, penggunaan sabun juga membantu proses pembersihan. Dengan rutin melakukan cara ini dengan baik dan benar, tentu akan mencegah berpindahnya kotoran dan penyakit ke bagian tubuh yang lain. Sehingga, kebersihan tangan akan terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar